Berita UPI

Kilas Balik Sejarah Relokasi Gedung PKM untuk Gedung Baru

Kilas Balik Sejarah Relokasi Gedung PKM untuk Gedung Baru

Melalui wawancara dengan Direktur Kampus UPI di Cibiru, diketahui bahwa diksi “penggusuran” yang digunakan dalam pemberitaan dengan judul Fakta Dibalik Peresmian Gedung Perkuliahan UPI Kampus Cibiru kurang tepat. Pada hari Rabu, 19 Februari 2020, PERSLIMA menerbitkan pemberitaan tersebut dengan trigger berita yang dibuat melalui akun Instagram @perslima_upi dengan caption sebagai berikut: Euforia Peresmian Gedung Perkuliahan Baru UPI Kampus Cibiru, tidak membuat pimpinan UKM dan Ormawa melupakan luka lama atas penggusuran sekretariat mereka pada Agustus lalu.

Lebih lanjut dalam isi berita tersebut juga muncul kata “penggusuran” dalam beberapa bagian berita seperti berikut, “Kronologi penggusuran ini dimulai saat kabar datang melalui sosialisasi dari pimpinan lembaga, terutama dari bagian aset, melalui pimpinan UKM dan Ormawa.”

Setelah dikonfirmasi kepada Direktur Kampus UPI di Cibiru mengenai latar belakang relokasi gedung kesekretariatan UKM dan Ormawa, diksi “penggusuran” dianggap kurang tepat digunakan karena tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. “Faktanya itu kita akan membangun. Kebetulan, lokasi yang akan dibangun itu sedang ditempati oleh mahasiswa sebagai sekretariat beberapa UKM/Ormawa. Kan sudah kami konfirmasi dari dulu dan tidak ada masalah,” ungkap Direktur.

Beliau juga menjelaskan bahwa saat itu pihaknya sudah memberikan solusi yakni pemindahan sekretariat UKM/Ormawa ke ruang seni untuk sementara waktu. Selain itu, beliau menambahkan bahwa kontinuitas informasi dari angkatan lama ke angkatan baru sangat penting, dikarenakan dalam ikhtiar relokasi sekretariat ini sebetulnya sudah diadakan audiensi terlebih dahulu dengan para pimpinan UKM/Ormawa yang bersangkutan.

Menanggapi kekhawatiran UKM dan Ormawa atas relokasi kembali kesekretariatan, beliau menyatakan, “Jika ada pembangunan asrama yang 3 lantai dengan 43 ruangan, salah satu gedung ex-asrama itu nanti digunakan untuk PKM.”

Wawancara tersebut ditutup dengan harapan dari Direktur UPI Kampus Cibiru terkhusus untuk para mahasiswa. “Mohon bersabar, kita sedang berjuang untuk meningkatkan derajat Kampus UPI di Cibiru dari semua lini dan mohon dukungannya terhadap upaya-upaya untuk mengembangkan kampus ke depan dan saya berharap yang dimunculkan itu partisipasi mahasiswa ke hal-hal yang lebih membangun,” demikian penuturan beliau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *