Berita UPI

Kampus Cibiru Selenggarakan Ragam Perlombaan Untuk Rayakan Dies Natalis UPI

Kampus Cibiru Selenggarakan Ragam Perlombaan Untuk Rayakan Diesnatalis UPI

Ada yang berbeda dari perayaan hari jadi Universitas Pendidikan Indonesia yang ke-61. Universitas yang memiliki lima kampus daerah ini asalnya memeriahkan Dies Natalis terpusat di kampus Bumi Siliwangi. Namun karena kebijakan rektor, kali ini seluruh kampus daerah dapat mengadakan acara Dies Natalis secara mandiri di kampus masing-masing, begitu pula dengan Kampus Cibiru. Perayaan Dies Natalis UPI Kampus Cibiru sendiri diselenggarakan pada tanggal 15-16 dan 19-20 Oktober 2015. Pada tanggal 21 Oktober nanti akan diadakan acara puncak bertempat di kampus Bumi Siliwangi.

Kamis (15/10) acara diawali dengan upacara pembukaan yang dimulai pukul 07.30 WIB bertempat di lapang parkir gedung akademik. Keluarga besar UPI Kampus Cibiru yang terdiri dari Mahasiswa, Dosen, Staff kampus, Day Care UPI, PAUD UPI, SD Laboratorium, serta SMP Laboratorium berkumpul untuk melaksanakan upacara. Sebelum itu ada penjelasan dari Risa sebagai protokol upacara, mengenai rangkaian acara Dies Natalis.
Upacara pembukaan dimulai dengan pembacaan doa oleh Ali H.B. perwakilan dari SD Laboratorium, dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne UPI. Kemudian Wakil Direktur Dede Margo Irianto memberikan sambutan sekaligus membuka dan melepas acara karnaval dan Colour Run yang ditandai dengan pemukulan drum bass sebanyak tiga kali.

Dies Natalis UPI sendiri secara kebetulan bertepatan dengan Dies Natalis salah satu UKM di UPI Kampus Cibiru, yaitu Koperasi Mahasiswa UPI Kampus Cibiru. Kopma selalu merayakan Dies Natalis dalam even tahunannya yaitu Kopma Cup. Karena bertepatan, tahun ini kepanitiaan lembaga beserta kepanitiaan Kopma Cup menyelenggarakan acara gabungan. Hal ini menjadi inspirasi untuk mengemas acara Dies Natalis yang lebih meriah. Tantangannya yaitu menyatukan dua acara dan dua kepentingan tersebut dalam satu wadah.

Perayaan hari jadi UPI dan Kopma UPI Kampus Cibiru ini berupa rangkaian perlombaan yang diikuti seluruh warga kampus. Perlombaan tersebut akan dilaksanakan selama empat hari, dikarenakan tak memungkinkannya untuk menyelesaikan banyak lomba dalam satu hari. Rangkaian perlombaan tersebut di antaranya; karnaval, colour run, tarik tambang, karpet terbang, ular buta, balap terong, tangkap belut, panco, catur, tutorial hijab, futsal, basket, voli, tenis meja, tumpeng, dan lain-lain.

Karena acara ini baru pertama kali dilaksanakan di kampus, ada beberapa hambatan yang ditemui.

Uus Kusnadi – Ketua Pelaksana Dies Natalis UPI Kampus Cibiru

Hambatan itu di antaranya kurangnya waktu persiapan, pengkondisian, dan pengadaptasian acara kepada seluruh warga kampus. Uus menuturkan bahwa segala kekurangan tersebut menjadi bahan evaluasi untuk acara-acara berikutnya.

Untuk acara perdana ini respons yang diberikan warga kampus cukup bagus. Bahkan sampai pukul 16.30 WIB kampus masih dipenuhi peserta yang mengikuti lomba maupun mahasiswa-mahasiswa yang sekedar memberikan dukungan. Pada hari ini, keseruan dan keceriaan tumpah jadi satu di kampus tercinta.

Penampilan pencak silat dari Padepokan Rukun Setia Wargi mengundang decak kagum penonton. Alasannya ialah jagoan-jagoan padepokan tersebut masih anak-anak dibangku sekolah dasar. Mereka benar-benar sudah profesional. Penampilan mereka pun menjadi bahan refleksi juga bagi penonton yang hakikatnya calon guru sekolah dasar, bahwa penting sekali mengasah bakat anak sedini mungkin dan melestarikan budaya lokal.

Untuk Harapannya, dari kepanitiaan supaya tahun depan lebih meriah, dan acaranya lebih bermakna. Ujar Uus sembari mengontrol jalannya acara.

Tria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *